proses bisnis penjualan online


Proses bisnis penjualan online adalah sesuatu yang menyenangkan dan mudah sekali dilakukan tidak seperti penjualan secara konvensional yang lebih rumit. Seperti kita tidak perlu menyediakan show room untuk pengunjung ataupun etalase yang mewah. Kita tidak perlu menyiapkan hal-hal fisik yang biasa dilakukan oleh toko secara konvensional.jaman yang semakin canggih ini membuat orang berfikir keras untuk memasarkan sebuah barang atau produk dengan cara yang mudah dan tidak memerlukan banyak tenaga untuk memasarkannya,ada berbagai cara mudah untuk memperkenalkan produk kita kepada konsumen yaitu dengan membuat bisnis online.



 Tahap pertama dalam proses bisnis penjualan online adalah konsumen mengunjungi toko online kita yang berupa blog ataupun website. Maka konsumen tersebut akan mencari barang yang akan dibeli atau barang yang dia butuhkan. Disini kita berperan agar supaya konsumen tidak merasa terlalu kesulitan dalam pencarian barang yang dia butuhkan. Jika konsumen merasa terlalu sulit untuk mencari barang yang dia inginkan maka dapat diterka bahwa konsumen tersebut akan meninggalkan blog kita. Dan dapat dipastikan bahwa konsumen tersebut tidak akan mengunjungi toko online kita lagi. Jika hal ini terjadi berulang-ulang dengan konsumen yang lain maka akan berdampak pada kesuksesan dari toko online kita.maka dari itu perlulah kita mempermudah konsumen menemukan sebuah barang atau produk yang dicari maupun diinginkan oleh konsumen dalam sebuah blog/tokoh online dengan mudah pula agar konsumen tidak merasa kesulitan dalam mencari barang atau produk.




Jika konsumen menemukan barang-barang yang dia kehendaki maka tahap selanjutnya adalah konsumen melakukan transaksi pembayaran. Untuk transaksi pembayaran kita harus benar-benar meyakinkan konsumen kita bahwa transaksi yang akan dilakukan akan berjalan dengan aman. Maksudnya adalah yakinkan konsumen bahwa dia pasti akan menerima barang sesuai dengan pilihannya tersebut. Jagalah kepercayaan konsumen pada kita. Transaksi pembayaran yang bisa dilakukan biasanya ada berbagai macam pilihan seperti transfer ke bank dengan kita menyediakan akun rekening dari berbagai macam bank, bisa juga dilakukan dengan kartu kredit dan juga bisa dibayarkan lewat akun paypal. 
Setelah konsumen melakukan proses pembayaran maka tahap selanjutnya adalah pihak toko online melakukan proses verifikasi dari info transaksi yang di dikirim konsumen. Proses verifikasi ini penting yang berguna untuk mengetahui kebenaran transaksi yang telah dilakukan oleh konsumen tersebut. Sebab jika toko online kita telah ramai dikunjungi konsumen maka akan banyak terjadi transaksi pembayaran di dalam proses bisnis toko online tersebut.
Tahap selanjutnya setelah proses verifikasi di dalam proses bisnis toko online adalah proses pengiriman barang ke tempat konsumen. Untuk biaya pengiriman barang ini masing-masing toko online mempunyai kebijakan sendiri-sendiri di dalam mengenakan biaya ongkos kirim. Dan hal ini diperlukan kerjasama yang baik agar konsumen semakin bertambah dan meningkat dari bulan ke bulan dan tahun ke tahun tentunya perusahaan bisnis online harus menjaga kepercayaan konsumen.





Jika barang telah diterima oleh konsumen maka proses bisnis penjualan online ini telah selesai mencapai perputaran siklus dari proses bisnis penjualan online tersebut. Biasanya cepat atau lamanya konsumen menerima barang tesebut setelah dikirim oleh pihak toko online tersebut adalah tergantung dari jenis ekspedisi yang kita pakai untuk pengiriman barang tersebut. Jika proses pengirimannya akan memakan waktu yang cukup lama maka konsumen akan merasa dikecewakan dan kemungkinan terjadinya barang rusak di tengah perjalanan pun akan semakin besar. Jadi disini kita harus benar-benar melakukan pelayanan yang bagus bagi konsumen kita sehingga jika dirasa oleh konsumen bahwa pelayanan kita cukup memuaskan bagi dirinya maka konsumen tersebut akan melakukan repeat order lagi di tempat toko online kita.