Mesin Antrian
Mesin Antrian
Mesin antrian (bahasa Inggris:queuing system) adalah komputer
yang dilengkapi dengan peragkat lunak antrean, dengan tampilan monitor komputer
(atau LCD monitor / plasma / LCD Projector / dll) yang digantung di dinding.
Memfoto konsumen dengan kamera digital dan menampilkan foto konsumen saat
dipanggil. Memanggil dengan suara wanita dalam beberapa bahasa. Menampilkan
nomor antrean dan nomor loket yang dituju di layar monitor. Menggunakan kartu
antrean dengan bar code atau menggunakan mini printer.
Mesin antrian yang dalam
istilah asing disebut juga Queue System. Merupakan suatu perangkat mesin
antrian yang penting dengan fungsi sederhana. Yaitu mengatur antrian yang
terjadi akibat semakin banyaknya pelanggan suatu perusahaan. Dengan pengaturan tersebut
diharapkan meningkatnya kinerja perusahaan tersebut. Perangkat yang penting
karena saat berada dalam antrian pelanggan menunggu untuk dipanggil. Dan
menunggu adalah pekerjaan paling membosankan. Karena itu mesin antrian
diperlukan agar tidak terjadi keluhan dari pelanggan.
Untuk itu kami selaku produsen mendesain suatu perangkat
mesin antrian. Agar berfungsi mengatasi antrian secara efektif. Mesin antrian
kami mempertimbangkan berbagai aspek yang terjadi saat ada antrian.
Tipe:
Terdiri dari 2 tipe yaitu: dengan slip antrean dari mini
printer atau dengan kartu antrean yang digesek ke bar code reader. Untuk Versi
mini printer dilakukan dengan cara menekan tombol group antrian, ataupun via
touch screen ( Layar sentuh ) pada menu yang group layanan yang dituju.
Keistimewaan
Hanya perlu 1 unit untuk 1 ruang tunggu, dengan loket dan
layanan dalam jumlah tidak terbatas. Output / Display dihubungkan ke monitor
dalam jumlah tidak terbatas. Juga dapat dihubungkan ke amplifier / speaker
dalam jumlah tidak terbatas.
Bisa diaplikasikan serba Nirkabel. dengan wifi system.
Fasilitas
Terdapat fasilitas basis data / statistik dan data foto
konsumen. Layar menampilkan data dan iklan perusahaan. Data tidak hilang saat
listrik padam.
Suara
Memperdengarkan suara stereo sesuai nomor antrean
diperdengarkan di speaker stereo. Suara bisa dalam bahasa apa saja. Dapat
diganti kapan saja. Misalnya : "Nomor antrean 123 diharap datang ke
loket 3, terima kasih".
Untuk pelanggan yang memiliki kartu anggota, akan dipanggil
berdasarkan namanya, misalnya : "Bapak Alex diharap datang ke loket
2".
Panggilan dapat dalam 2 bahasa atau lebih, misalnya dalam
bahasa Indonesia dan bahasa Inggris atau bahasa Indonesia dan bahasa Jawa.
Dapat ditambahkan amplifier dengan speaker di halaman atau
tempat parkir untuk panggilan suara.
FOTO Komputer akan memfoto setiap konsumen baru dengan kamera
PC saat ia memilih nomor antrean. Foto konsumen ini akan ditampilkan saat ia
dipanggil. Data ini disimpan 1 bulan.
TAMPILAN DI MONITOR Nama perusahaan. Nomor antrean dan loket
yang dipanggil dan beberapa nomor sebelumnya. Foto konsumen yang dipanggil.
Nama perusahaan, tanggal, hari, jam. Nomor antrean yang baru masuk mengantre.
Gambar bergerak / video saat konsumen masuk.
Film, VCD lagu, Company Profile, dll saat tidak ada panggilan
antrean. Foto iklan perusahaan pada saat tidak ada antrean baru. Berganti
setiap 15 detik.
Text iklan perusahaan. Berganti setiap 15 detik. Tampilan
display dapat disesuaikan dengan permintaan.
CCTV Merupakan sarana visual monitoring dari ruang lain
(CCTV) dengan cara menempatkan monitor tambahan. Misalnya untuk satpam, petugas
back office, kepala cabang dll. Tanpa fasilitas ini, mereka tidak bisa
melakukan pengawasan visual terhadap ruang pelayanan dari ruang terpisah,
kecuali dengan berjalan mendatangi ruang tersebut dan meninggalkan ruang
kerjanya.
DATABASE Statistik setiap aktivitas loket di simpan dalam
file sehingga dapat dilihat dalam pengolah kata seperti MS-Word atau diolah
dalam database sederhana. Data yang disimpan adalah tanggal, menit dan detik
serta nomor antrean yang dilayani dari masing-masing loket.
Data foto setiap konsumen, disimpan 1 bulan.
RUANGAN SEMPIT Cocok untuk ruang pelayanan yang sempit,
karena konsumen tidak perlu antre berbaris di ruangan yang sempit, tapi setelah
mengambil nomor antrean, dapat menunggu di ruangan lain, di luar ruangan,
bahkan dalam mobil di lapangan parkir. Cukup disediakan tambahan horn speaker
atau monitor tambahan di ruang lain, sehingga peningkatan jumlah konsumen tidak
membutuhkan investasi untuk penambahan ruangan pelayanan.
RUANGAN LUAS Sangat memudahkan pelayanan untuk ruang tunggu
yang sangat luas. Konsumen dapat duduk di mana saja tanpa takut terlewat
antrean. Mungkin hanya diperlukan tambahan monitor.
CARA KERJA Jenis mesin antrean berdasarkan tombol pemilihan
layanan oleh konsumen :
1. Mesin antrean dengan tombol = ada beberapa tombol (misalnya : CS, Teller, kasir, dll) yang diberi label yang dapat ditekan konsumen untuk memilih layanan yang diinginkan.
1. Mesin antrean dengan tombol = ada beberapa tombol (misalnya : CS, Teller, kasir, dll) yang diberi label yang dapat ditekan konsumen untuk memilih layanan yang diinginkan.
2. Mesin antrean dengan layar LCD dan tombol. Persis seperti
mesin ATM, terdapat layar LCD dengan keterangan, pilihan, foto-foto, logo dan
disampingnya ada tombol yang dapat ditekan konsumen untuk memilih layanan yang
diinginkan.
3. Mesin antrean dengan layar sentuh / touch screen. Terdapat
layar LCD dengan fungsi touch screen dengan keterangan, pilihan, foto-foto,
logo dan layar dapat disentuh konsumen untuk memilih layanan yang diinginkan.
Jenis mesin antrean berdasarkan tiket : 1. Mesin antrean
dengan mini printer. Konsumen menekan salah satu tombol atau menyentuh layar
sesuai dengan layanan yang diinginkan dan mini printer akan mengeluarkan ticket
nomor antrean. Dibutuhkan mini printer.
2. Mesin antrean dengan ticket nomor antrean berbentuk kartu
dan bar code reader. Konsumen memilih ticket di rack sesuai dengan layanan yang
diinginkan dan menggesekkanya di bar code reader. Di setiap rack telah terdapat
ticket yang sebelumnya telah disusun secara berurutan. Tidak dibutuhkan printer
dan dibutuhkan bar code reader.
3. Mesin antrean dengan tiket nomor antrean berbentuk kartu.
Konsumen memilih ticket di rack sesuai dengan layanan yang diinginkan. Di
setiap rack telah terdapat ticket yang sebelumnya telah disusun secara
berurutan. Tidak dibutuhkan printer dan bar code reader.
Selanjutnya konsumen duduk menunggu dipanggil di dalam
ruangan, di luar ruangan, di tempat parkir dll karena panggilan juga dilakukan
melalui suara.
Setiap loket dilengkapi dengan dua tombol yaitu tombol untuk
memanggil konsumen berikutnya dan tombol untuk mengulang panggilan. Juga bisa
disediakan tombol untuk memanggil sembarang nomor.
Saat dipanggil, foto konsumen ditayangkan di layar monotor.
Layar juga menuliskan nomor antrean dan nomor loket yang dituju. Diperdengarkan
suara yang memanggil konsumen, misalnya "Nomor antrean 123 diharap datang
ke loket 3, terima kasih". Atau "Bapak Alex diharap datang ke loket
2".
MANFAAT Meningkatkan pelayanan kepada konsumen. Konsumen
tidak perlu berbaris berdiri menunggu dilayani, bahkan dapat duduk di dalam
mobil di lapangan parkir karena panggilan juga dilakukan melalui suara.
Secara langsung dapat meningkatkan bonafiditas perusahaan
dibanding kompetitor sehingga pelanggan tidak berpaling kepada kompetitor,
bahkan dapat mengundang pelanggan kompetitor.
Benar-benar menghapus per-calo-an termasuk menyuruh orang
lain untuk mengantri / mengambil slip antrean karena sistem akan memfoto dengan
kamera video orang yang mengambil slip antrean dan menampilkan saat dipanggil.
Loket dapat menerapkan kebijakan untuk tidak melayani konsumen yang berbeda
dengan foto yang ditampilkan.
Cukup satu unit mesin antrean untuk satu ruang tunggu dengan
jumlah loket dan layanan yang tidak terbatas.
TAMBAHAN - TAMBAHAN (Optional / Tidak harus ada) :
Kamera PC. Untuk menampilkan tayangan bergerak di display dan
untuk memfoto konsumen yang baru masuk yang ditampilkan di display saat ia
dipanggil.
Printer. Printer mini thermal atau dot matrix untuk mencetak
slip antrean (khusus untuk mesin antrean dengan printer).
Display Loket. Menampilkan nomor loket berupa angka yang
berkedip di setiap loket yang melakukan pemanggilan konsumen.
Mini Keypad / Keyboard. Keypad untuk memanggil sembarangan
nomor tidak berdasarkan urutan antrean.
Aneka pilihan display. Display dapat dipilih atau ditambah
berupa monitor komputer, LCD monitor, Plasma, projector dll, ukuran 15",
19" atau yang lebih besar.
Bar Code Reader. Bar Code Reader untuk menggesekkan kartu
antrean (khusus untuk mesin antrean dengan kartu).
Layar LCD tanpa Touch Screen. Seperti mesin ATM, pilihan layanan
dapat dilakukan dengan menekan tombol disamping layar LCD.
Layar LCD dengan Touch Screen. Sebagai pengganti tombol,
dengan touch screen, konsumen menyentuh layar pada posisi layanan yang
diinginkan. Ini akan membuat penampilan ruang pelayanan menjadi sangat mewah.
Post a Comment