sektor hotel



Dulu, teknologi yang digunakan oleh hotel, motel dan bisnis perhotelan lainnya dikenal cukup sederhana dalam kehidupan manusia.

Namun beberapa tahun terakhir peran teknologi dalam bisnis perhotelan menjadi meningkat secara drastis. Seperti misalnya, jika kita ingin pergi ke suatu tempat dan menginap di hotel tertentu pasti akan sedikit sulit untuk melakukan check-in.
Kehadiran teknologi internet yang semakin canggih telah merubah gaya hidup manusia dan tuntutan pada kompetensi manusia. Kini kehidupan manusia semakin tergantung pada komputer. Hal-hal berikut menggambarkan besarnya keterlibatan teknologi informasi dalam kehidupan manusia. 
   
Pengalaman perjalanan di era modern banyak yang merasakan kerumitan serta kejengkelan. Dimana terdapat banyak prosedur keamanan yang harus dilalui, penerbangan tertunda dan ketidaknyamanan jet lag. Setelah semua itu, apakah perlu di perparah lagi dengan berdiri di depan front-desk hotel untuk melakukan check-in ? dalam hal ini teknologi informasi hotel dapat mengatasi masalah tersebut.
                                                     
Contohnya saja di ritel hotel yang semakin canggih dengan berbagai teknologi ternama,namun ada yang yang lebih menarik perhatian masyarakat yaitu;

Kehadiran ANFO di hotel Anda akan memberikan pencitraan sendiri, adapun fungsi ANFO akan menjadi beragam fungsi seperti ;

  • Media Informasi Seputar Hotel
  • Sebagai media Layanan Pesan Kamar atau Makanan
  • Sebagai media layanan untuk check In/Out

                             

ANFO juga mampu bersinergi dengan sistem informasi yang sudah ada.kehadiran anfo di hotel akan mempermudah anda untuk lebih mengetahui seputar hotel yang anda kunjungi.
dengan berbagai produk pilihan,anfo menyediakan segala kebutuhan dengan produk mesin anjungan mulai dari:

  1. ANFO NTS(non touchcreen)
  2. ANFO TS(touchcreen)

Pemanfaatan teknologi informasi pun dimulai pada saat teknologi informasi dianggap sebagai media yang dapat menghemat biaya. Sekarang dengan bantuan komputer kita bisa melihat hasil ketikan di layar monitor sebelum dicetak sehingga lebih effisien dalam waktu dan tempat penyimpanan file.
Setelah dirasakan bahwa teknologi Informasi dapat menggantikan cara konventional, seperti menggantikan sarana pengiriman surat dengan surat eletronik (e-mail), pencarian data melalui search engine, chatting, mendengarkan musik, dan sebagainya. Dari manfaat yang didapatkan, teknologi informasi mulai digunakan dan diterapkan untuk membantu operasional dalam proses bisnis.


Industri perhotelan menggunakan rambu digital untuk menampilkan informasi penting di lokasi yang nyaman dan terlihat untuk semua pelindungnya. Sebuah signage digital mampu berfungsi sebagai concierge virtual di hotel dan sebagai hiburan untuk konferensi selama ruang tunggu. [20] Digital signage juga digunakan di hotel sebagai bentuk wayfinding, untuk membimbing sekelompok besar orang untuk sebuah konferensi ke ruangan yang benar. Digital signage digunakan untuk menyediakan metode sederhana untuk memperbarui informasi yang terus berubah seperti informasi expo.